Istilah Bani Israil, Yahudi dan negara Israil

 



Istilah Bani Israil, Yahudi dan negara Israil ( Di Sadur dari Ceramah Zuhur Ust Junaidi Sahal di Masjid Al wasithiyah Surabaya)

 

Dimulai dari Nabi ibrahim AS yang lahir di Ur 1996 SM atau sekarang di daerah irak.

Zaman dahulu, aturan  masih membolehkan menikahi keponakan, yaitu  Bunda Sarrah,  Sarrah artinya menyenangkan. Wanita tercantik saat itu. Nantinya punya cicit terguanteng di dunia nabi Yusuf . Dari Sarrah kemudian lahirlah Nabi Ishak di palestina.

Nabi Ibrahim atau abram artinya nyebrang. Punya masalah dgn raja Namruj, di bakar dengan api besar. Karena dirasa tidak aman beliau hijrah dengan saudaranya luth, Nabi Ibrahim ke Palestina dan Nabi luth ke Yordania

Selanjutnya Nabi Ishak di nikahkan dengan Rifko/Rifka (orang Ur), punya kakak namanya Laban yang nanti akan punya anak perempuan 4.

Dari Rifko lahirlah  nabi Yakub dan Aish ( badannya agak berbulu dan kulitnya merah), konon merupakan cikal bakal bangsa Eropa.

Yakub menikah dengan empat putrinya Laban ( sepupu ), namanya Lea, Raheel, Bilha dan Zulha

1.       Dari lea anaknya 6 orang Ruben Simon Levis Yahuda Zabanun dan Ishahar

2.       Dari Raheel anaknya Yusuf dan Benyamin

3.       Dari Bilha anaknya Dion dan Naftali

4.       Dari Zulha anaknya Gad dan Asiri

Total nya ada 12 orang anak dan disebut anak2 Yakub. Atau disebut bani Yakub. Beliau adalah ahli ibadah, oleh karena itu disebut disebut isra iil dalam Bahasa ibrani, Isra adalah Hamba , iil adalah Tuhan. Sehingga anak2 nabi Yakub disebut Bani Israil.

YAHUDI

Dari Levis punya anak-anak 300 tahun kemudian muncul lah Imron/Amram ( bukan Ali Imron ) punya anak namanya Musa bin Imron/Amram.

Dari Yahuda mempunyai keturunan Nabi Daud, Nabi Sulaiman dan Nabi Isa

Nabi Yusuf, guantengnya gak ketulungan. Perangainya lembut anteng, 10 saudaranya cemburu, diusulkan akan dibunuh, tapi Ruben mencegah, akhirnya di cemplungkan sumur.

Ditolong orang dijadikan budak. Sampai di mesir, dibeli oleh pejabat mesir. Punya bendaharawan namanya Aziz. Dan istrinya dalam bahasa quran adalah imroatulaziz tidak ada nama yang disebut.

Rajanya senang kepada nabi yusuf karena punya kemampuan mentakwilkan mimpi. Sehingga jadi mentri

Kemudian datang saudaranya Nabi Yusuf. Dari Palestina sampai dengan Mesir. Kemudian bani israil, Nabi Yakub dll boyongan ke Mesir. Karena yg membawa menteri maka bani israil di mesir punya previllege, menguasai ekonomi dll. Sehingga lambat laun terjadi kebencian dan iri hati dari kaum yang lain.

Lalu muncullah rezim Firaun Ramses 2. Menyingkirkan bani israil. Sampai firaun mengatakan saya adalah Tuhan dan membunuhi anak2 laki kaum Bani Israil.

Lalu muncullah Nabi Musa. Maka Nabi Musa menolong kaumnya hijrah balik ke Palestina.

Namun yang ditolong   Kelompok suka durhaka ( isitilahnya ditolong mentung) , disebut yahudi karena merupakan keturunan dari jalur yahuda,  Yahudi baru muncul sejak zaman nabi Musa.

Ketika disebut  Bani Israil di Al Quran,  mensifatkan sesuatu yang kadang baik atau buruk.  1/3 surat Al Baqarah isinya tentang bani israil. Yg menarik ketika disebut Yahudi maka isinya adalah tentang kejelekan.

Israil, disebut 3 kali dalam quran konteksnya nama orang, sementara Israil sebagai negara atau zionis berdiri tahun 1947 

Nubuwat Israil akan kalah dari tafsir  surat al isra ayat 4 dan 5


Ayat 4

maka kami putuskan bagi bani israil takdirnya ( yahudi zionis ). Melakukan kerusakan 2 kali secara besar2an. Kalian melakukan kesombongan yang besar. Kerusakan besar terjadi karena kewenangan besar. Jadi seolah Allah berkata takdirnya Yahudi akan berkuasa secara gemilang 2 kali.

Diceritakan bahwa Thalut adalah raja yahudi melawan Jalut. Dibantu oleh nabi Daud. Punya mukjizat. Besi disentuh akan meleleh. Baju besi pertama dibuat pada zaman nabi Daud.

Jalut mati diketapel oleh nabi Daud. Nabi Daud di nikahkan dgn anaknya Jalut. Punya kekuasaan seantero dunia. Bahkan anaknya Nabi Sulaiman punya kekuasaan di dunia lain.

Di Zaman Nabi sulaiman dikisahkan Syaiton libur menggagnggu manusia. Setelah nabi sulaiman meninggal syaiton melakukan balas dendam. Sehingga menyebabkan rumah ibadah menjadi sepi.

Karena sepi, di tempat ibadah disediakan kadesot dan kadesin pelacur laki2 perempuan, sehingga menjadi ramai. Ada nabi yg mengingatkan di bunuhi, sehingga disebutkan dalam Alquran bahwa Bani Israil banyak membunuhi para Nabinya.

Ayat 5

Akan dikirim pasukan yg super kuat.  Yaitu raja nebukadnezar. Yg membunuhi yahudi, meratakan rumah. Sejak abad ke 17 SM.

 

Hudzaifah bin Yaman berkata: Rasulullah SAW bersabda, "Ketika bani Isra'il melampaui batas dan menyombongkan diri, serta membunuh para nabi, maka Allah mengirimkan kepada mereka Raja Persia yang bernama Bukhtanashar. Allah meniadikannya raja selama tuiuh ratus tahun. Ia bergerak menyerbu mereka hingga masuk Baitul Maqdis. Lalu ia mengepungnya dan menaklukkannya. Ia membunuh tuiuh puluh ribu orang untuk membalaskan darah Zakariya. Kemudian ia menawan warganya yang masih anak-anak merampas perhiasan Baitul Maqdis, dan membawanva keluar darinya tujuh puluh ribu dan seratus ribu pedati perhiasan ke Babilonia"'

 

Hudzaifah berkata: Aku bertanya "Ya Rasulullah, bukankah Baitul Maqdis itu agung di sisi Allah?' Beliau menjawab, "Ya. Ia dibangun oleh Sulaiman bin Daud dari emas, permata, mutiara, dan zamrud. Lantainya terbuat dari emas dan perak, sedangkan tiang-tiangnya terbuat dari emas.

Allah memberikannya kepada Sulaiman, menundukkan kepadanya syetan-syetan untuk mendatangkan semua ini dalam sekejap mata. Bukhtanashar lalu membawa semua itu ke Babilonia, lalu bani Isra'il di bawah tekanannya bekerja selama seratus tahun, dengan disiksa oleh Majusi dan anak-anak Majusi. Di antara mereka terdapat para nabi dan anak-anak nabi. Kemudian Allah mengasihani mereka, lalu memberi wahyu kepada salah seorang Raja Persia bernama Kuras, orang yang beriman, agar menyelamatkn bani Isra'il yang masih hidup. Kuras pun membawa bani Isra'il dan perhiasan Baitul Maqdis ke tempatnya semula.

Bani Isra'il hidup dalam keadaan taat kepada Allah selama seratus tahun. Kemudian mereka kembali berbuat maksiat, sehingga Allah memberikan kekuasaan kepada Abtiyanhus, maka ia menyerang pasukan yang berperang bersama Bukhtanashar, hingga mendatangi mereka di Baitul Maqdis, menawan warganya, dan membakar Baitul Maqdis. Ia berkata kepada merelca, "Hai bani Isra'il, jika kalian berbuat kerusakan lagi, maka kami akan menawan kalian'. Mereka lalu kembali berbuat rusak, sehingga Allah mengerahkan Raja Rumia untuk melaksanakan penawanan ketiga atas mereka. Raja tersebut bernama Qaqis, putra Isbayus. Ia memerangi mereka di darat dan laut, menawan mereka, menguasai perhiasan Baitul Maqdis, dan membakar Baitul Maqdis."

Rasulullah SAW bersabda, "Ini adalah sebagian dari perhiasan Baitul Maqdis, dan Al Mahdi akan mengembalikannya ke Baitul Maqdis, yang berjumlah seribu tujuh ratus kapal. Al Mahdi akan berlayar membawa  perhiasan tersebut kepada Yafa hingga tiba di Baitul Maqdis, dan di sanalah Allah mengumpulkan yang pertama dan yang terakhir.

Sampai zaman Nabi Muhammad SAW , Yahudi diaspora tidak punya negara. Yerusalem saat itu dikuasai oleh romawi. Nabi muhammad melawan romawi di perang Tabuk dilanjutkan pada  perang Yarmuk di masa Abu bakar. Dan Ketika umar bin khatab tahun 638 M, menguasai yerusalem. Yahudi di usir dari daerah jazirah arab.

Awal kerusakan ke 2. Penghacuran ke 2 sebelum kiamat, bersambung



Comments