kamaa amanas sufahaa (seperti orang bodoh) (Albaqarah 13)

 


"Sebagai mana Orang lain beriman " maksudnya bahwa jika dikatakan kepada orang orang yang mengaku beriman agar berimanlah kalian  kepada Muhammad SAW dan apa yang diturunkan kepadanya seperti halnya orang-orang lain telah beriman kepadanya. Maksudnya, seperti halnya orang-orang mukmin
yang telah beriman kepadanya.

Dimasukkannya alim lam ta'rif pada kata "Annaass" , mempunyai makna ayat: berimanlah kalian seperti halnya orang orang yang kalian kenal beriman kepada Allah, Muhanmad SAW, Al Qur`an dan hari kiamat.

kata "Assufahaa" menurut  Abu Ja'far adalah : kata adalah bentuk jamak. berarti bodoh, lemah pikiran, tidak banyak mengetahui mana yang berguna dan yang berbahaya. Oleh karenanya Allah menyebut kaum wanita dan anak-anak kecil dengan  "Assufahaa"

Mayoritas ahli tafsir mengatakan bahwa yang dimaksud adalah kaum wanita dan anak-anak kecil, karena mereka lemah pikirannya dan tidak banyak tahu tentang sisi-sisi kemaslahatan dan kemudharatan dalam mengelola harta kekayaan.

Adapun yang dimaksud oleh orang-orang munafik dengan kata "Assufahaa", ketika mereka diajak beriman kepada Allah dan Muhammad SAW, adalah para sahabat Rasulullah SAW yang tunduk, patuh dan beriman kepada beliau.

"Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh, tetapi mereka tidak tahu."

Abu Ja'far berkata: Ini adalah informasi dari Allah tentang orang-orang munafik yang pendusta, ragu dan mengingkari kebenaran, bahwa mereka adalah orang-orang yang bodoh dan lemah pikirannya dalam memilih akidah yang dianggapnya membawa kebaikan bagi dirinya. 

Inilah hakikat orang yang bodoh, yaitu mengira baik padahal buruk, dan mengira mengadakan perbaikan padahal membuat kerusakan. 

Demikianlah orang munafik, ia bermaksiat kepada Allah tapi mengaku menaati-Nya, kufur kepada-Nya tapi mengaku beriman kepada-Nya, mencelakakan dirinya tapi mengira menyelamatkannya.

Sumber : Tafsir AThabari


Comments