Tentang Iblis yang asalnya dari golongan Malaikat


Source : https://id.pngtree.com/freepng/hell-hell-devil-little-devil-blue-devil_3933238.html

Abu Karib menceritakan kepada kami, katanya: Utsman bin Said menceritakan kepada kami,

katanya: Bisyr bin Umarah dari Abu Rauq dari Adh-Dhahak dari Ibnu Abbas dia berkata: Iblis adalah salah satu makhluk dari jenis Malaikat yang disebut AIHin ,mereka tercipta dari api samum, antara para malaikat yang lain. Namanya adalah AI Harits. Ia adalah kepala penjaga surga.

Seluruh malaikat diciptakan dari cahaya kecuali jenis ini. Adapun Jin, ia diciptakan dari api marij seperti disebutkan dalam AIQur`an, yaitu api yang paling ujung ketika melahap 

Ibnu Hanid menceritakan kepada kami,katanya : Salamah menceritakan kepada kami dari Ibnu Ishak dari Khalad dari Atha` dari Thawus dari Ibnu Abbas, dia berkata: Sebelum Iblis melakukan kemaksiatan ia termasuk Malaikat dan namanya Azazil, ia tinggal di alam bumi dan termasuk salah seorang Malaikat yang paling pintar, lalu karena itulah ia sombong, ia berasal dari golongan yang mereka sebut jin

Abu Ja’far berkata: Alasan-alasan diatas menunjukkan bahwa pengetahuan mereka adalah minim, karena tidak lah dipungkiri bahwa Allah menciptakan para Malaikat berjenis-jenis, sebagian mereka diciptakan Dari cahaya, sebagian yang lain diciptakan dari api dan sebagian yang lain Diciptakan dari bahan yang dikehendaki-Nya, dan tidak adanya informasi dari Allah tentang bahan penciptaan Malaikat disamping informasi bahan penciptaan Iblis tidak menunjukkan bahwa Iblis diluar jenis Malaikat. 

Karena boleh jadi Allah menciptakan satu jenis Malaikat dari api dimana Iblis termasuk di dalamnya, dan menciptakan Iblis secara khusus dari Api samuni (angin panas) tidak seperti Malaikat yang lain.

Juga, informasi bahwa Iblis beranak-pinak tidak menjadi alasan bahwa ia bukan dari jenis Malaikat, akan tetapi karena Allah telah menjadikannya memiliki hawa nafsu akibat kemaksiatan yang dilakukannya. Adapun informasi bahwa ia berasal dari jenis jin, karena ia tersembunyi dan tidak kasat mata.

Abu Ja’far berkata: Adapun makna Iblis ia mengikuti bentuk If'il berasal dari kata Al Iblisu yang berarti putus asa dari kebaikan, penyesalan dan kesedihan. Seperti disebutkan dalan riwayat berikut: Abu Karib menceritakan kepada kami, katanya: Utsman bin Sa’id Menceritakan kepada kami, katanya: Bisyr bin Umarah, dari Abu Rauq, Dari Adh-Dhahak, dari lbnu Abbas, dia berkata: 

Disebut Iblis karena Allah telah memutuskannya dari seluruh kebaikan, dan menjadikannya Syetan yang terkutuk sebagai balasan atas kemaksiatarnya.

Musa bin Harun AI Hamdani menceritakan kepadaku, katanya: Amru Bin Hamad menceritakan kepada kami, katanya: Asbath menceritakan Kepada kami dari As-Suddi dia berkata: Iblis nama sebenarnya adalah AI Harits, dan disebut Iblis karena ia menjadi bingung. Sedih dan putus Asa.


Sumber : Tafsir At-Thabari

Comments