Khalid bin Walid di Negeri Heraat

 Khalid bin Walid di Negeri Heraat

Sumber : Kitab Bidayah Wan Nihayah ( Zaman Khalifah Abu Bakar )


Source picture : Pinterest

Dan tersebutlah di antara penduduk Heraat yang memilih damai sekelompok orang orang Nasrani Arab. 

Diantara mereka terdapat seseorang yang bernama Ibnu Buqaila.

Khalid menuliskan surat jaminan keamanan bagi Penduduk Heraat , dan yang menandatangani perdamaian itu adalah Amru bin Abdul Masih bin Buqaila. 

Ketika Khalid melihat ia membawa bungkusan, Khalid bertanya padanya , 

“Apa isi bungkusan itu ?”. Khalid segera membukanya dan Ibnu Buqaila berkata “ ini adalah racun yang dapat mematikan dalam sekejab”. 

Khalid bertanya “untuk apa engkau bawa ?” 

Dia menjawab, “Sengaja aku bawa dan aku akan makan jika aku melihat hal hal yag tidak aku senangi menimpa kaumku, kematian lebih aku cintai daripada melihat kaumku sengsara. “. 

Khalid segera mengambil isi bungkusan tersebut dan berkata

 “ Sesungguhnya satu jiwa tidak akan mati hingga ajal datang menjemputnya.” 

Kemudian Khalid bersiap siap memakannya sambil membaca, 

“Bismillah sebaik baik Nama, Rabb pemilik bumi dan langit, dengan menyebut NamaNya tidak akan membahayakan segala penyakit,  Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” 

Para pemimpin bergerak mencegahnya, namun Khalid telah terlebih dahulu menelan racun tersebut.

Ketika melihat Khalid segar bugar, maka Ibnu Buqaila berkata , 

“Demi Allah hai orang orang Arab kalian pasti akan menguasai negeri manapun yang kalian inginkan, selama satu orang saja yang bersama kalian ini ikut”.

Kemudian ia menoleh kepada penduduk Heraat dan berkata “Aku tidak pernah melihat sehebat hari ini”

Comments