Kedudukan Abu Bakar di mata Rasulullah SAW

 

Kedudukan Abu Bakar di mata Rasulullah SAW

Sumber : Kitab Bidayah Wan Nihayah ( Zaman Khalifah Abu Bakar )

 

Abu Bakr - Alchetron, The Free Social Encyclopedia

Source picture : Wikipedia

Diriwayatkan dari Abu Darda Ra, “Aku sedang duduk Bersama Nabi SAW, tiba tiba muncul Abu Bakar Ra sambil menjinjing pakaiannya hingga terlihat lututnya”,

Maka Nabi SAW berkata “Sesungguhnya teman kalian ini sedang kesal maka  berilah salam atasnya”, Maka Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, antara aku dan ibnul Khatab terjadi perselisihan, maka aku segera mendatanginya untuk minta maaf, kumohon kepadanya agar memaafkan aku namun dia enggan menerima permohonanku, karena itu aku datang menghadapmu sekarang”.

Rasulullah SAW menjawab, “Semoga Allah mengampunimu wahai Abu Bakar”sebanyak tiga kali, tak lama setelah itu Umar menyesal atas perbuatannya, dan mendatangi rumah Abu Bakar, sambil bertanya , “Apakah di dalam ada Abu Bakar ?”

Namun keluarganya menjawab tidak,

Umar segera mendatangi Rasulullah SAW sementara wajah Rasulullah terlihat memerah karena marah, hingga Abu Bakar merasa kasihan terhadap Umar dan memohon sambil duduk di atas kedua lututnya,

“Wahai Rasulullah, demi Allah sebenarnya aku yang bersalah – dua kali “.

Maka Rasulullah SAW berkata “Sesungguhnya aku telah di utus Allah SWT kepada kalian namun kalian mengatakan, Engkau Pendusta!”

Sementara Abu Bakar berkata, “Engkau Benar!” , 

“Setelah itu dia membelaku dengan seluruh jiwa dan hartanya. Lalu apakah kalian tidak jera menyakiti sahabatku ?”.

Setelah itu Abu Bakar tidak pernah disakiti lagi.

Comments