Di dalam Qishas ada kehidupan ( Al Baqarah 179)

 


Sumber Gambar : ChatGPT

وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Dan dalam qishaash itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa. ( Al Baqarah 179)


Penakwilan firman Allah وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ (Dan dalam qishaash itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagi kalian, wahai orang-orang yang berakal)

Abu Ja'far berkata: Maknanya: Dan bagi kalian wahai orang-orang yang berakal dengan hukum qishash yang Aku wajibkan di atas kalian terdapat jaminan hidup berkelanjutan.

Namun para mufassir berselisih pendapat tentang makna ini. Sebagian mereka mengatakan seperti apa yang kami katakan, sebagai berikut:

Dari Muhammad bin Amr menceritakan kepada kami, ia berkata: Abu Ashim menceritakan kepada kami, ia berkata: Isa menceritakan kepada kami dari Ibnu Abi Najih, dari Mujahid tentang firman Allah : وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ ia berkata: hukuman, sensor. 

Dari Abu Kuraib menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Abi Zaidah menceritakan kepada kami dari Warqa dari Ibnu Abi Najih dari Mujahid tentang firman Allah: وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ ia berkata: hukuman dan siksaan

Dari  Al Mutsanna menceritakan kepadaku, ia berkata: Abu Hudzaifah menceritakan kepada kami, ia berkata: Syibil menceritakan kepada kami dari Ibnu Abi Najih, dari riwayat Mujahid yang sama.

Dari Bisyr bin Mu'adz menceritakan kepada kami, ia berkata: Yazid bin Zurai' menceritakan kepada kami, ia berkata: Sa'id menceritakan kepada kami dari Qatadah, ia berkata : 

وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ

Allah menjadikan qishash ini sebagai kehidupan, peringatan dan pelajaran bagi orang-orang yang bodoh. Karena banyaknya orang yang ingin melakukan sesuatu secara spontanitas kalau bukan karena takut qishash niscaya ia terjerumus ke dalamnya, akan tetapi dengan qishash Allah menghalangi sebagian mereka atas sebagian yang lain. 

Dan tidaklah Allah memerintahkan sesuatupun kecuali dia terdapat kebaikan dunia dan akhirat, dan tidaklah Allah melarang sesuatupun kecuali didalamnya terdapat kerusakan dunia dan agama, dan Allah lebih mengetahui tentang kemaslahatan paramakhluk-Nya. 

Dari Al Hasan bin Yahya menceritakan kepada kami, ia berkata: Abdurrazzaq menceritakan kepada kami, ia berkata: Ma'mar memberitahukan kepada kami dari Qatadah : وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ

ia berkata: Allah telah menjadikan bertahan hidup dalam qishash, jika orang dzalim mengingat keberadaan niscaya ia akan enggan melakukan pembunuhan. 

Dari Ammar bin Al Hasan menceritakan kepadaku, ia berkata: Ibnu Abi Ja'far menceritakan kepada kami dari bapaknya dari Rabi' tentang firman Allah : وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ

ia berkata: Allah telah menjadikan qishash ini sebagai kehidupan dan pelajaran bagi kalian, berapa banyak orang yang ingin melakukan sesuatu secara tiba-tiba tidak jadi melakukannya karena takut qishash. Dan sesungguhnya Allah telah menghalangi antara para hamba-Nya dengan qishash.

Dari Al Qasim menceritakan kepada kami, ia berkata: Al Husain menceritakan kepada kami, ia berkata: Hajjaj menceritakan padaku dari Ibnu Juraij, dari Mujahid, ia berkata: وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ 

ia berkata: peringatan, ancaman. Ibnu Juraij berkata: حياة sama dengan pencegahan. 

Dari Yunus bin Abdul A'la menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Wahab memberitahukan kepada kami, ia berkata: Ibnu Zaid berkata: وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ ia berkata: jika orang ini takut dibunuh karena membunuhku maka ia akan enggan membunuhku, mungkin ia menjadi musuh yang melindungi yang ingin membunuhku, lalu karena ingat qishash ia menjadi takut untuk membunuhku. Jadi dengan adanya qishash seseorang tidak berani membunuh orang lain. 

Dari Ya'la bin Ubaid menceritakan padaku, ia berkata: Isma'il menceritakan kepada kami dari Abu Shalih tentang firman Allah: وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ ia berkata: kekal.

Sebagian besar mereka mengatakan, maknanya: dan bagi kalian terdapat kehidupan untuk orang lain dengan qishash atas orang yang membunuh; karena dalam ketetapan hukum Allah tidak boleh membunuh kecuali orang yang membunuh. Dimana orang-orang jahiliyah terlebih dahulu membunuh laki-laki atas perempuan, dan membunuh orang merdeka atau hamba sahaya. Demikian seperti disebutkan dalam riwayat berikut:

Dari Musa bin Harun menceritakan kepada kami, ia berkata: Amr bin Hammad menceritakan kepada kami, ia berkata: Asbath menceritakan kepada kami dari As-Suddi tentang firman Allah : 

وَلَكُمْ فِي الْقِصَاصِ حَيَاةٌ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ ia berkata: kekekalan, tidak dibunuh kecuali orang yang membunuh karena kejahatannya.

Adapun yang dimaksud dengan  يَا أُولِي الْأَلْبَابِ yaitu orang-orang yang berakal. Allah mengkhususkan orang-orang yang berakal karena merekalah yang hanya dapat menyerap dan memahami hukum-hukum Allah.


Penakwilan firman Allah: لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (Supaya kalian bertakwa)

Abu Ja'far berkata: Maknanya; agar kalian takut dengan qishash lalu berhenti membunuh. Seperti disebutkan dalam riwayat berikut:

Dari Yunus bin Abdul A'la menceritakan kepada kami, ia berkata: Ibnu Wahab memberitahukan kepada kami, ia berkata: Ibnu Zaid berkata: لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ artinya agar anda takut jika anda membunuh, maka anda akan dibunuh karenanya. 


Sumber : Tafsir At Thabari bag 3 hal 43 sd 46

Comments